Press Release : BLSTpreneurs Talk 6, Solusi pembiayaan UMKM Inovatif

Diperbarui: Nov 18




Selasa (27/10) - BLST kembali menyelenggarakan kegiatan webinar (BLST PreneurS Talk 6) dengan tema “Peluang dan tantangan UMKM Innovatif terkait solusi pembiayaan di masa pandemic”. Kegiatan kali ini diisi oleh 3 narasumber yaitu 1) Prof Dr Ir C. Hanny Wijaya, 2) Dr Doni Yusri, SP, MM, 3) Yuniar T Manik, S.Sos. Acara dihadiri sebanyak 150 peserta dan dibuka dengan sambutan dari bapak Ir. Hanan Utoro sebagai Direktur Utama PT BLST.

Narasumber pertama, Prof Dr Ir C. Hanny Wijaya merupakan Guru Besar IPB University sekaligus inventor permen cajuput. Permen cajuput merupakan sebuah karya inovasi permen keras fungsional (lozenges) komersial. Khasiat cajuput memberikan sensasi menyegarkan pernafasan, melegakan tenggorokan, dan menghangatkan. Selain itu permen ini menjaga homeostasis mikroflora mulut dengan potensi fungsi sebagai “oral health care”. Cajuputs candy original merupakan produk pertama yang dirilis ke pasar, saat ini telah dikembangkan varian citarasa juga varian non-sukrosa yang cocok untuk penderita diabetes. Komersialisasi produk Cajuputs candy original telah dirintis pada tahun 2003 - 2005 oleh Pusat Studi Biofarmaka-LPPM IPB lalu dilanjutkan oleh PT Biofarindo hingga 2011.

Prof Hanny menyampaikan pengalamannya terkait pengembangan inovasi cajuput sebagai bagian dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) inovatif. Beliau menyampaikan pesan untuk terus berkarya bagi UMKM dan melakukan inovasi dengan ide-ide yang out of the box.

“UMKM itu berbeda dengan pedagang, pedagang hanya menjual tetapi UMKM itu seperti lokomotif. Di dalamnya bisa juga terdapat aktivitas produksi dan menciptakan gagasan dan ide yang yang nyleneh (out of the box). Yang penting untuk terus berusaha dan jangan pernah merasa terhambat dengan pihak ketiga. Percaya pada Tuhan, justru saat masa pandemic permen cajuput karya saya banyak dicari orang”

tutur Prof C Hanny Wijaya

Pembicara berikutnya, Dr Doni Yusri menekankan peran UMKM di Indonesia. Beliau merupakan direktur pengembangan bisnis PT BLST – IPB University. PT BLST memiliki Plasa Botani yang memilik sekitar 30 binaan UMKM di pusat Kota Bogor. Berdasarkan Badan Pusat Statistik Indonesia terdapat sekitar 64 juta UMKM di Indonesia.

“Kami memiliki jejaring UMKM di kota Bogor yang kita bini di kawasan Plasa Botani. Kita membina UMKM agar berkembang dalam pengelolaan usahanya. Harapan kami dalam webinar ini ada banyak UMKM yang bisa saling berbagi pengalaman usahanya. Yang terpenting meskipun situasi pandemic untuk terus berusaha dan berinovasi. Karena UMKM merupakan penopang perekonomian Indonesia”

Tutur Dr Doni Yusri

Pembicara terakhir, Yuniar T. Manik yang merupakan pimpinan bidang pemasaran Bank BNI KC Bogor. Beliau memaparkan mengenai dukungan BNI untuk UMKM berupa skema kredit yang menarik.

“BNI merupakan Bank yang terdepan mendukung UMKM, untuk peserta yang memiliki usaha inovatif, BNI siap memberikan dukungan dana. Bank memiliki kewajiban menyalurkan kredit baik kredit produktif maupun kredit konsumtif. Kredit produktif ini merupakan pembiayaan yang cocok untuk UMKM.” Tutur Yuniar T Manik

Webinar ini ditutup dengan pembagian hadiah dari BLST dan BNI KC Bogor. Hadiah senilai 2 juta untuk sepuluh orang dari produk BLST selain itu ada juga hadiah dari BNI KC Bogor senilai 500 ribu berupa uang elektronik untuk 5 orang pemenang.


Sertifikat peserta Seminar Online BLST PreneurS Talk 6 dapat diperoleh disini


PT BLST - Holding Company of IPB

Admin : +62 822 58057858

Email : info@blst.co.id

Website : www.blst.co.id

Instagram: https://www.instagram.com/blstipb/

Linkedin: https://www.linkedin.com/company/pt-bogor-life-science-and-technology-blst

Fanpage: https://www.facebook.com/blst.ipb/

Jl. Taman Kencana No 3, Kawasan IPB Taman Kencana. Kota Bogor

#ipb #blst #blststory #blstipb #blstholding #ipbuniversity #ipb #ipbbogor #herbal #event #preneurstalk #preneurstalk5

144 tampilan

UPCOMING EVENT

Tidak ada acara mendatang saat ini

PT Bogor Life Science and Technology

Holding Company of BLST

  • LinkedIn
  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube

Jalan Taman Kencana No. 3 Babakan Bogor Tengah, Kota Bogor,

Jawa Barat 16128

Call Center : (0251) 8384422

© 2023 by Digital Marketing PT. BLST

logo ipb b.png