Press Realese - Talkshow 3 Kemajuan Akuakultur di Era Digitalisasi




Penulis : Rizky - BLST


EVENT-Talkshow Kemajuan Akuakultur di Era Digitalisasi merupakan salah satu rangkaian dari acara Aquaculture Festival 2020. Acara ini dihadiri oleh pembudidaya, mahasiswa, akademisi dan masyarakat umum dengan tema “Kemajuan Akuakultur di Era Digitalisasi”.


Pada tahun ini acara yang dilakukan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya peraturan pemerintah belum membolehkan untuk melaksanakan acara yang mengumpulkan banyak masa. Tetapi para panitia tidak kehilangan akal untuk tetap melaksanakan kegiatannya.


Tahun ini diadakan secara online via zoom dan live streaming youtube dengan materi-materi yang tidak kalah menarik dari tahun-tahun sebelumnya.


Talkshow 3 dengan tema Kemajuan Akuakultur di Era Digitalisasi. Dengan 3 pembicara yaitu, Anshory Muslim (Head of Engineering eFishery) yang membawakan materi “Penerapan teknologi dibidang akuakultur”, Rully Setya Purnama (CEO Minapoli) yang membawakan materi “Pemasaran produk akuakultur secara digital”, dan Noor Achlis (Idbotani) yang membawakan materi “Ekosistem digital dibidang agribisnis ”.


Pada hari ini host yang bertugas adalah Nikmatul Islamiati dan yang bertugas sebagai moderator adalah Pipit Damayanti S.Pi


Acara hari ini dimulai pukul 13.00 WIB sampai 15.00 dan ikuti masyrakat umum yang berjumlah sekitar 235 peserta via zoom dan 23 peserta live streaming youtube

Di era seperti saat ini digitalisasi sangat dipentingkan untuk mempermudah pemasaran sampai penjualan ikan.



“kegiatan akuakultur didalam era sekarang harus dilakukan secara efektif dan efisien,” ujar Anshory Muslim, Head of Engineering eFishery


Salah satu pendukung meningkatnya digitalisasi akuakultur yaitu dengan adanya pemberian pakan secara otomatis (auto feeder) yang dikembangkan oleh efishery.

eFishery merupakan startup yang menyediakan solusi teknologi Internet of Things (IoT) dalam bentuk alat pemberi pakan otomatis (Smart Feeder) menggunakan sensor. Smart Feeder yaitu pemberi pakan otomatis yang juga mampu mencatat data pemberian pakan hingga pertumbuhan ikan. eFishery telah berrevolusi menjadi sebuah perusahan Aquaculture Intelligence pertama di Indonesia.


Tak hanya eFishery, idBotani juga muncul sebagai platform untuk mempermudah dalam hal pemasaran.


“IdBotani ini merupakan platform yang merangkul para stakeholder untuk saling bekerjasama untuk memasarkan produknya. IdBotani tidak hanya menjual produk perikanan, namun juga menjual produk pertanian,” ujar Noor Achlis, Idbotani


Sedangkan untuk meningkatkan produksi muncullah platform Minapoli. Minapoli sendiri merupakan platform jaringan informasi dan bisnis perikanan online terintegrasi. Minapoli berasal dari kata ‘mina’ dan ‘poli’. Dalam Bahasa Indonesia, ‘mina’ artinya ikan dan ‘poli’ berarti ‘banyak’.


Filosofi Minapoli adalah mendukung perkembangan bisnis dan jaringan dari banyak pelaku perikanan agar terjadi peningkatan produksi maupun peningkatan konsumsi dan daya beli produk perikanan.

44 tampilan

PT Bogor Life Science and Technology

Holding Company of BLST

  • LinkedIn
  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube

Jalan Taman Kencana No. 3 Babakan Bogor Tengah, Kota Bogor,

Jawa Barat 16128

Call Center : (0251) 8384422

© 2023 by Digital Marketing PT. BLST

logo ipb b.png